RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas /
semester : VII / Genap
Alokasi
Waktu : 1 pertemuan
A.
Standar Kompetensi
Menggunakan
aturan statistika (pengolahan, penyajian, penafsiran) dalam pemecahan masalah.
B.
Kompetensi dasar
Siswa dapat
menggunakan aturan dan rumus-rumus statistika serta dapat menyajikan suatu
data.
C.
Indikator
1.
Membaca data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi
2.
Menafsirkan kecendrungan data dalam bentuk tabel
3.
Menentukan ukuran pemutusan data : rataan , median ,
modus
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat membedakan pengertian populasi dan sampel.
2.
Siswa dapat membuat table untuk data tunggal dan data
yang di kelompokkan.
3.
Siswa dapat menghitung mean, median, dan modus dari
data yang diberikan.
E.
Materi Pelajaran
1.
Pengertian populasi dan sampel
2.
Penyajian Data dalam bentuk tabel
3.
Mean ( Rataan hitung)
4.
Median ( Nilai tengah)
5.
Modus (Nilai yang sering muncul)
F.
Model Metode Pembelajaran
Strategi
Pembelajaran Kontekstual
Model
Pembelajaran Jigsaw
Metode
Pembelajaran Ceramah, Diskusi kelompok
G. Tahapan Pembelajaran
1.
Kegiatan awal
No
|
Aktifitas Guru
|
Aktifitas Siswa
|
Alokasi
Waktu
|
1.
2.
3.
4.
|
Memberi
salam sebelum memulai pelajaran
Mengabsensi
kehadiran dengan menyebut nama siswa dan mempersiapkan siswa mengikuti
pembelajaran.
Memaparkan
materi
yang akan di pelajari, kompetensi dasar, dan indikator yang ingin di capai
serta tujuan pembelajarannya.
Memotivasi
kepada siswa bahwa materi ini penting dan berguna untuk kehidupan sehari-hari
|
Membalas
ucapan salam dari guru
Mengangkat
tangan kanan untuk menunjukkan kehadirannya.
Mendengarkan.
Mendengarkan.
|
15 Menit
|
2.
Kegiatan inti
No
|
Aktifitas Guru
|
Aktifitas Siswa
|
Alokasi Waktu
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Menyampaikan
materi serta memberikan contoh soal tentang populasi, sampel, bentuk
penyajian data serta operasi hitung untuk menentukan mean, median dan modus
dalam suatu data yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari..
Mengelompokkan siswa menjadi beberapa kelompok dengan
beranggotakan 4-5 orang dan memberikan soal yang berkaitan dengan
kehidupan sehari-hari untuk menentukan mean, median serta modus.
Mengarahkan
kelompok agar setiap siswa memahami sub bagian-bagian tertentu pada soal yang
diberikan.
Membentuk
kelompok baru dari kelompok yang telah tebentuk dengan mengelompokkan siswa
yang mendapat sub bagian-bagian yang sama (Kelompok ahli) dan meminta mendiskusikannya.
Memfasilitasi
siswa untuk kembali ke kelompok awal dan menunjuk salah satu siswa dari
kelompok awal untuk mempresentasikan hasil diskusinya di papan tulis sesuai
sub soal yang didiskusikanya dalam kelompok ahli.
|
Mendengar
dan mengikuti prosedur pembelajaran dan bertanya
Membentuk
kelompok dan mendiskusikan soal secara berkelompok.
Membagi
tugas pada tiap anggota kelompoknya dan tiap siswa memahami sub bagian-bagian
tertentu.
Membentuk
kelompok baru (kelompok ahli) dan mendiskusikan sub bagian-bagian soal secara
berkelompok.
Kembali
kekelompok awal dan siswa yang ditunjuk mampu untuk mempresentasikannya
didepan kelas.
|
50 menit
|
3.
Kegiatan Akhir
No
|
Aktifitas Guru
|
Aktifitas Siswa
|
Alokasi Waktu
|
1.
2.
3.
|
Menanyakan serta membantu memberi
kesimpulan pelajaran dari materi yang telah dpelajari.
Melakukan penilaian dan atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah
dilaksanakan.
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan yang akan datang.
|
Mendengarkan
dan menyimpulkan dari inti kegiatan.
Mendengarkan
dan mengingat kembali hasil pembelajarannya.
Mendengarkan.
|
15 Menit
|
H. Sumber
pembelajaran
Buku
matemarika untuk SLTP Kelas VII Ponco Sudjatmiko, M.Si, PT Tiga Serangkai
Pustaka Mandiri : Solo 1999
I. Penilaian
Teknik : Tertulis
Bentuk : Esay
Intrumen : Soal
1.
Tentukan manakah yang merupakan sampel dan manakah
yang dinyatakan populasi dibawah ini:
a.
Seorang mengambil satu batang korek api dari sekotak
korek api.
b.
Bu Dewi akan membeli 5 kg gram apel. Sebelum membeli
ia mencicipin 2 buah dari sekeranjang apel.
2.
Dalam suatu olahraga, setiap siswa di beri waktu 45
detik untuk melempakan bola basket. Hasil pelemparan bola basket yang masuk
dari 40 siswa tercatat sebagai berikut :
7 7 8 12 10 10 10 10 9 11
14 12 13 12 10 11 11 8 9 14
11 12 13 7 14 8 14 8 9 14
12 9 10 13 10 11 11 10 11 12
Dari data di
atas, buatlah table distribusi frekuensi data tunggal!
3.
Tentukan mean, median, dan modus dari data : 6, 3, 2,
4, 3, 4, 0, 4, 1, 7 !
No
|
Penyelesaian
|
Skor
|
||||||||||||||||||||
1.
a.
b.
2.
|
Populasinya adalah sekotak korek api
Sampelnya adalah sabatang korek api
Populasinya adalah sekeranjang apel
Sampelnya adalah 2 buah apel
Table distribusi frekuensinya adalah sabagai berikut
:
Mean dari data tersebut adalah
Me =
= 3,4
Untuk menentukan median, data tersebut diurutkan
terlebih dahulu menjadi : 0, 1, 2, 3, 4, 4, 4, 6, 7
Karena banyak data = 10 maka mediannya diperoleh dari
jumlah data ke-5 dan ke-6 dibagi 2
Median : Me =
= 10,5
Data yang paling sering muncul adalah 4 maka
modus = 4
|
5
5
5
5
30
15
10
15
10
|
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
A.
PENDAHULUAN
Jika kamu
melakukan penelitian atau percobaan terhadap masalah tertentu maka akan
diperoleh data. Data tersebut dapat berupa kumpulan angka atau keterangan.
Selanjutnya kumpulan data yang kamu peroleh disebut data statistik.
Bagaimanakah penyajian data agar lebih menarik dan mudah di pahami ?
Dalam perkembangannya, statistika sekarang banyak dimanfaatkan dalam
berbagai bidang seperti bidang ekonomi, kedokteran, pertanian dan sebagainya.
Dalam bab ini, anda akan belajar menggunakan aturan statistika sehingga dapat
membaca dan menyajikan data dalam bentuk tabel dan berbagai diagram serta
menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak,dan ukuran penyebaran dan besar
penafsirannya.
B.
RINGKASAN MATERI
Pengertian populasi dan sampel
Populasi
adalah himpunan semua objek yang akan diteliti sifat-sifat anggotannya,
sedangkan sampel adalah himpunan bagian dari populasi yang anggotannya
dijadikan contoh penelitian.
Penyajian data dalam bentuk tabel
1.
Data Tunggal
Data tunggal
didefenisikan sebagai daftar bilangan-bilangan yang mempunyai satuan.
Data tunggal
biasanya dinyatakan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi seperti berikut.
Nilai
|
X1
|
X2
|
X3
|
.......
|
Xn
|
Frekuensi
|
F1
|
F2
|
F3
|
.......
|
Fn
|
2.
Data kelompok
Daftar ditribusi frekuensi dari suatu data yang
ukurannya sangat besar dapat dibuat dengan mudah jika data tersebut
dikelompokam terlebih dahulu menjadi beberapa kelas setiap kelas mempunyai
interval yang sama.
C.
MEMAHAMI UKURAN PEMUSATAN DATA
1.
Rataan Hitung ( Mean)
Mean adalah nilai rata-rata dari suatu data dan
dinyatakan sebagai :
M =
2.
Nilai Tengah (Median)
Median
adalah banyaknya ukuran yang membagi data yang sudah diurutkan menjadi dua
bagian yang sama banyak (nilai tengah)
a.
Data Distribusi Tunggal
Pada statistik peringkat atau data yang telah
diurutkan, median didefinisikan berikut.
Ø Nilai dalam
yang di tengah jika ukuran data (n) ganjil, yaitu :
Me =
Ø Setengah
dari jumlah dua data dalam yang di tengah jika ukuran data (n) genap, yaitu:
Me =
b.
Data Distribusi Kelompok
Untuk daftar
distribusi kelompok median dirumuskan sebagai berikut:
Me = Tb + p
Dimana : Me = median
Tb =
tepi bawah kelas median
P = panjang kelas
F = frekuensi kumulatif sebelum
kelas median
Fm = frekuensi kelas median
3.
Modus
Modus
didefinisikan sebagai datum yang sering muncul atau datum yang mempunyai frekuensi
besar. Untuk daftar distribusi kelompok, data modus dapat dihitung dengan rumus
sebagai berikut:
Mo = Tb + p
Di mana:
Mo = modus
Tb = tepi bawah kelas modus
P = panjang kelas
∆F1 = selisih
frekuensi kelas modus dengan frekuensi kelas
sebelumnya
∆F2
= selisih frekuensi kelas modus dengan frekuensi kelas
sesudahnya.
Soal latihan
1.
Dari pernyataan berikut, tentukan mana yang merupakan
sampel dan mana yang merupakan populasi !
Untuk mengetahui pemahaman tentang gizi di sebuah kecamatan, seorang
peneliti bertanya kepada 100 orang yang berkunjung ke Puskesmas.
2.
Tentukan median dari masing-masing data berikut !
a.
7, 9, 10, 8, 7, 12, 11, 10
b.
25 m, 19 m, 16 m, 15 m, 20 m.
c.
10 kg, 12 kg, 20 kg, 15,5 kg, 14,5 kg, 17 kg.
3.
Hasil ulangan Fisika dari 40 siswa adalah sebagai
berikut :
2 orang memperoleh nilai 10,
3 orang memperoleh nilai 9,
5 orang memperoleh nilai 8,
10 orang memperoleh nilai 7,
12 orang memperoleh nilai 6,
4 orang memperoleh nilai 5,
4 orang memperoleh nilai 3,
Tentukan mean, median dan modus dari data di atas !
4.
Berikut ini adalah data hasil ulangan pelajaran
Matematika dari 40 siswa.
42
58 60
58
73
48
55 57
59
70
50
82
58
52
53 30
85
53
75
55
52
53
58
44
48
53 52
57
54
60
45 63
60
25
65
72
54
55
68 28
Dengan menggunakan data di atas lengkapilah tabel distribusi.
Nilai
|
Turus
|
Frekuensi
|
25 -29
|
||
30 - 34
|
||
35 - 39
|
||
40 - 44
|
||
45 - 49
|
||
50 - 54
|
||
55 - 59
|
||
60 - 64
|
||
65 – 69
|
||
70 - 74
|
||
75 - 79
|
||
80 - 84
|
||
85 - 89
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar