Jumat, 15 Januari 2016

RPP Statistika



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah         :
Mata Pelajaran        : Matematika
Kelas / semester      : VII / Genap
Alokasi Waktu        : 1 pertemuan

A.    Standar Kompetensi
Menggunakan aturan statistika (pengolahan, penyajian, penafsiran) dalam pemecahan masalah.

B.     Kompetensi dasar
Siswa dapat menggunakan aturan dan rumus-rumus statistika serta dapat menyajikan suatu data.

C.    Indikator
1.    Membaca data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi
2.    Menafsirkan kecendrungan data dalam bentuk tabel
3.    Menentukan ukuran pemutusan data : rataan , median , modus

D.    Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa dapat membedakan pengertian populasi dan sampel.
2.    Siswa dapat membuat table untuk data tunggal dan data yang di kelompokkan.
3.    Siswa dapat menghitung mean, median, dan modus dari data yang diberikan.

E.     Materi Pelajaran
1.    Pengertian populasi dan sampel
2.    Penyajian Data dalam bentuk tabel
3.    Mean ( Rataan hitung)
4.    Median ( Nilai tengah)
5.    Modus (Nilai yang sering muncul)
F.     Model Metode Pembelajaran
Strategi Pembelajaran Kontekstual
Model Pembelajaran Jigsaw
Metode Pembelajaran Ceramah, Diskusi kelompok

G.    Tahapan Pembelajaran
1.         Kegiatan awal
No
Aktifitas Guru
Aktifitas Siswa
Alokasi
Waktu
1.

2.



3.



4.
Memberi salam sebelum memulai pelajaran
Mengabsensi kehadiran dengan menyebut nama siswa dan mempersiapkan siswa mengikuti pembelajaran.
Memaparkan materi yang akan di pelajari, kompetensi dasar, dan indikator yang ingin di capai serta tujuan pembelajarannya.
Memotivasi kepada siswa bahwa materi ini penting dan berguna untuk kehidupan sehari-hari
Membalas ucapan salam dari guru
Mengangkat tangan kanan untuk menunjukkan kehadirannya.

Mendengarkan.




Mendengarkan.
15 Menit









2.         Kegiatan inti
No
Aktifitas Guru
Aktifitas Siswa
Alokasi Waktu
1.







2.






3.



4.





5.





Menyampaikan materi serta memberikan contoh soal tentang populasi, sampel, bentuk penyajian data serta operasi hitung untuk menentukan mean, median dan modus dalam suatu data yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari..
Mengelompokkan siswa menjadi beberapa kelompok dengan beranggotakan 4-5 orang dan memberikan soal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari untuk menentukan mean, median serta modus.
Mengarahkan kelompok agar setiap siswa memahami sub bagian-bagian tertentu pada soal yang diberikan.
Membentuk kelompok baru dari kelompok yang telah tebentuk dengan mengelompokkan siswa yang mendapat sub bagian-bagian yang sama (Kelompok ahli) dan meminta mendiskusikannya.
Memfasilitasi siswa untuk kembali ke kelompok awal dan menunjuk salah satu siswa dari kelompok awal untuk mempresentasikan hasil diskusinya di papan tulis sesuai sub soal yang didiskusikanya dalam kelompok ahli.
Mendengar dan mengikuti prosedur pembelajaran dan bertanya





Membentuk kelompok dan mendiskusikan soal secara berkelompok.




Membagi tugas pada tiap anggota kelompoknya dan tiap siswa memahami sub bagian-bagian tertentu.
Membentuk kelompok baru (kelompok ahli) dan mendiskusikan sub bagian-bagian soal secara berkelompok.

Kembali kekelompok awal dan siswa yang ditunjuk mampu untuk mempresentasikannya didepan kelas.


50 menit









3.    Kegiatan Akhir
No
Aktifitas Guru
Aktifitas Siswa
Alokasi Waktu
1.



2.


3.
Menanyakan serta membantu memberi kesimpulan pelajaran dari materi yang telah dpelajari.
Melakukan penilaian dan atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan yang akan datang.
Mendengarkan dan menyimpulkan dari inti kegiatan.


Mendengarkan dan mengingat kembali hasil pembelajarannya.

Mendengarkan.
15 Menit

H.    Sumber pembelajaran
Buku matemarika untuk SLTP Kelas VII Ponco Sudjatmiko, M.Si, PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri : Solo 1999






I.       Penilaian
Teknik             : Tertulis
Bentuk             : Esay
Intrumen          : Soal

1.         Tentukan manakah yang merupakan sampel dan manakah yang dinyatakan populasi dibawah ini:
a.    Seorang mengambil satu batang korek api dari sekotak korek api.
b.    Bu Dewi akan membeli 5 kg gram apel. Sebelum membeli ia mencicipin 2 buah dari sekeranjang apel.


2.         Dalam suatu olahraga, setiap siswa di beri waktu 45 detik untuk melempakan bola basket. Hasil pelemparan bola basket yang masuk dari 40 siswa tercatat sebagai berikut :
7          7          8          12        10        10        10        10        9          11
14        12        13        12        10        11        11                 9          14
11        12        13        7          14        8          14        8          9          14
12                 10        13        10        11        11        10        11        12
Dari data di atas, buatlah table distribusi frekuensi data tunggal!

3.         Tentukan mean, median, dan modus dari data : 6, 3, 2, 4, 3, 4, 0, 4, 1, 7 !











No
Penyelesaian
Skor
1.    a.

b.


2.     










Populasinya adalah sekotak korek api
Sampelnya adalah sabatang korek api
Populasinya adalah sekeranjang apel
Sampelnya adalah 2 buah apel

Table distribusi frekuensinya adalah sabagai berikut :
Jumlah bola yang masuk
Frekuensi
7
3
8
4
9
4
10
8
11
7
12
6
13
3
14
5
Jumlah
40

Mean dari data tersebut adalah
Me =
      = 3,4

Untuk menentukan median, data tersebut diurutkan terlebih dahulu menjadi : 0, 1, 2, 3, 4, 4, 4, 6, 7
Karena banyak data = 10 maka mediannya diperoleh dari jumlah data ke-5 dan ke-6 dibagi 2
Median  : Me   =  = 10,5

Data yang paling sering muncul adalah 4 maka modus  = 4
5
5
5
5

30












15



10

15



10
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

A.    PENDAHULUAN
          Jika kamu melakukan penelitian atau percobaan terhadap masalah tertentu maka akan diperoleh data. Data tersebut dapat berupa kumpulan angka atau keterangan. Selanjutnya kumpulan data yang kamu peroleh disebut data statistik. Bagaimanakah penyajian data agar lebih menarik dan mudah di pahami ?
Dalam perkembangannya, statistika sekarang banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang seperti bidang ekonomi, kedokteran, pertanian dan sebagainya. Dalam bab ini, anda akan belajar menggunakan aturan statistika sehingga dapat membaca dan menyajikan data dalam bentuk tabel dan berbagai diagram serta menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak,dan ukuran penyebaran dan besar penafsirannya.

B.     RINGKASAN MATERI
Pengertian populasi  dan sampel
          Populasi adalah himpunan semua objek yang akan diteliti sifat-sifat anggotannya, sedangkan sampel adalah himpunan bagian dari populasi yang anggotannya dijadikan contoh penelitian.
           
Penyajian data dalam bentuk tabel
1.      Data Tunggal
Data tunggal didefenisikan sebagai daftar bilangan-bilangan yang mempunyai satuan.
Data tunggal biasanya dinyatakan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi seperti berikut.
Nilai
X1
X2
X3
.......
Xn
Frekuensi
F1
F2
F3
.......
Fn


2.      Data kelompok
Daftar ditribusi frekuensi dari suatu data yang ukurannya sangat besar dapat dibuat dengan mudah jika data tersebut dikelompokam terlebih dahulu menjadi beberapa kelas setiap kelas mempunyai interval yang sama.

C.    MEMAHAMI UKURAN PEMUSATAN DATA
1.      Rataan Hitung ( Mean)
Mean adalah nilai rata-rata dari suatu data dan dinyatakan sebagai :
M =  
2.      Nilai Tengah (Median)
Median adalah banyaknya ukuran yang membagi data yang sudah diurutkan menjadi dua bagian yang sama banyak (nilai tengah)
a.    Data Distribusi Tunggal
Pada statistik peringkat atau data yang telah diurutkan, median didefinisikan berikut.
Ø  Nilai dalam yang di tengah jika ukuran data (n) ganjil, yaitu :
Me =
Ø  Setengah dari jumlah dua data dalam yang di tengah jika ukuran data (n) genap, yaitu:
Me =
b.    Data Distribusi Kelompok
Untuk daftar distribusi kelompok median dirumuskan sebagai berikut:
Me = Tb + p
Dimana :           Me      = median
                                   Tb         = tepi bawah kelas median
                                    P          = panjang kelas
                                    n          = ukuran data
                                    F          = frekuensi kumulatif sebelum kelas median
   Fm    = frekuensi kelas median
3.      Modus
Modus didefinisikan sebagai datum yang sering muncul atau datum yang mempunyai frekuensi besar. Untuk daftar distribusi kelompok, data modus dapat dihitung dengan rumus sebagai berikut:
Mo = Tb +  p
Di mana:
                        Mo       = modus
                        Tb        = tepi bawah kelas modus
                        P          = panjang kelas
         ∆F1   = selisih frekuensi kelas modus dengan frekuensi kelas
   sebelumnya
  ∆F2  = selisih frekuensi kelas modus dengan frekuensi kelas
  sesudahnya.
















Soal latihan

1.      Dari pernyataan berikut, tentukan  mana yang merupakan sampel dan mana yang merupakan populasi !
Untuk mengetahui pemahaman tentang gizi di sebuah kecamatan, seorang peneliti bertanya kepada 100 orang yang berkunjung ke Puskesmas.

2.      Tentukan median dari masing-masing data berikut !
a.    7, 9, 10, 8, 7, 12, 11, 10
b.    25 m, 19 m, 16 m, 15 m, 20 m.
c.    10 kg, 12 kg, 20 kg, 15,5 kg, 14,5 kg, 17 kg.

3.      Hasil ulangan Fisika dari 40 siswa adalah sebagai berikut :
2 orang memperoleh nilai 10,                  
3 orang memperoleh nilai 9,                    
5 orang memperoleh nilai 8,                    
10 orang memperoleh nilai 7,
12 orang memperoleh nilai 6,
4 orang memperoleh nilai 5,
4 orang memperoleh nilai 3,
Tentukan mean, median dan modus dari data di atas !










4.      Berikut ini adalah data hasil ulangan pelajaran Matematika dari 40 siswa.
42         58         60         58         73         48         55         57
59         70         50         82         58         52         53         30
85         53         75         55         52         53         58         44        
48         53         52         57         54         60         45         63
60         25         65         72         54         55         68         28

Dengan menggunakan data di atas lengkapilah tabel distribusi.
Nilai
Turus
Frekuensi
25 -29


30 - 34


35 - 39


40 - 44


45 - 49


50 - 54


55 - 59


60 - 64


65 – 69


70 - 74


75 - 79


80 - 84


85 - 89



Tidak ada komentar: