MAKALAH
“METODE PEMBELAJARAN”
Disusun Oleh :
CANDRA KUMALASARI (131003225)
CILVIONE PERMATA SISWANTARI (131003227)
M. LAILUL AFANDI (131003275)
NUR CHASANAH (131003288)
SULIA ANIS PRASTIKA (131003319)
MATEMATIKA
2013 C
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA
LUMAJANG
Jl. Pisang Gajih No. 2 Lumajang
KATA PENGANTAR
Bismillahhirrahmanirrahim,
Alhamdulillah Segala puji syukur
hanya bagi Allah SWT Rahmat dan perlindungannya tetap menyertai kita sehingga
penulis dapat menyelesaikan tugas makalah “Pendekatan
Pembelajaran” dengan baik, Sholawat serta salam senantiasa tercurah
kepada Nabi Muhammad SAW beserta para sahabat, keluarga dan para pengikut akhir
zaman.
Tugas ini tidak
akan selesai tanpa bantuan dari berbagai pihak baik secara langsung maupun
tidak langsung. Untuk itu perkenankanlah penulis menyampaikan ucapan terima
kasih kepada:
1. Allah SWT
yang telah meridloi pembuatan makalah dengan baik.
2. Bapak Idam
Djunaedi, M.Si selaku dosen mata kuliah Belajar dan Pembelajaran.
3. Orang tua
para penulis yang telah memberikan dorongan dan motivasi
4. Teman-teman
penulis yang telah memberikan bantuan kepada penulis
5. Seluruh pihak
yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang telah banyak membantu
penulis dalam menyelesaikan penulisan makalah ini.
Harapan penulis, semoga tugas ini dapat memberi
manfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya.Penulis
menyadari bahwa dalam penulisan tugas ini masih jauh dari kesempurnaan, sesuai
dengan pepatah yang mengatakan “TIADA GADING YANG TAK RETAK” oleh sebab
itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran dari pembaca untuk
penyempurnaan makalah ini.
Lumajang,
25 November 2015
Penulis
DAFTAR
ISI
HALAMAN
JUDUL ............................................................................. i
KATA
PENGANTAR ........................................................................... ii
DAFTAR
ISI ......................................................................................... iii
BAB
I : PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang Masalah.................................................................
1
1.2 Rumusan
Masalah .......................................................................... 2
1.3 Tujuan
............................................................................................ 2
1.4 Manfaat
.......................................................................................... 2
BAB
II : PEMBAHASAN
2.1
Pengertian Pendekatan
Pembelajaran ............................................ 3
2.2
Fungsi Pendekatan
Pembelajaran .................................................. 4
2.3
Jenis – Jenis Pendekatan
Pembelajaran .......................................... 5
2.4
Tipe – Tipe Pendekatan
Pembelajaran ........................................... 14
BAB
III : PENUTUP
3.1
Kesimpulan .................................................................................... 48
3.2
Kritik dan Saran ............................................................................. 49
DAFTAR
PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Di era globalisasi seperti ini semua aspek kehidupan
dituntut untuk terus maju dan berkembang dengan cepat. Peningkatan kualitas
sumber daya manusia di Indonesia terus diupayakan dan
dikembangkan seiring dengan perkembangan jaman yang semakin global. Peningkatan
sumber daya manusia juga berpengaruh terhadap dunia pendidikan. Pendidikan
merupakan ujung tombak dalam pengembangan sumber daya manusia harus bisa berperan
aktif dalam meningkatkan kualitas dan juga kuantitas. Upaya pengembangan
tersebut harus sesuai dengan proses pengajaran yang tepat agar anak didik
dapat merima didikan dengan baik.
Dewasa
ini, proses belaja mengajar di sekolah baik SD, SMP, maupun SMA masih
menggunakan paradigma lama, yaitu didominasi oleh peran dan kegiatan guru,
dimana guru yang lebih aktif dalam mengajar daripada peserta didiknya. Peserta
didik hanya mendengarkan penjelasan yang guru sampaikan. Peserta didik cendrung
tidak diajak untuk mengetahui dan memahami peristiwa dan konsep mengenai materi
fisika kurrang dikuasai oleh peserta didik dan peserta didik pun lambat dalam
memahami materi pembelajaran fisika
Dalam
kegiatan belajar mengajar sangat diperlukannya interaksi antara guru dan murid
yang memiliki tujuan. Agar tujuan ini dapat tercapai sesuai dengan target dari
guru itu sendiri, maka sangatlah perlu terjadi interaksi positif yang terjadi antara
guru dan murid. Dalam interaksi ini, sangat perlu bagi guru untuk membuat
interaksi antara kedua belah pihak berjalan dengan menyenangkan dan tidak
membosankan. Hal ini selain agar mencapai target dari guru itu sendiri, siswa
juga menjadi menyenangkan dalam kegiatan belajar mengajar, serta lebih merasa
bersahabat dengan guru yang mengajar.
Sehingga
dalam mengajar diperlukan pendekatan dalam pembelajaran , pendidik harus
pandai menggunakan pendekatan secara arif dan bijaksana. Pandangan guru
terhadap anak didik akan menentukan sikap dan perbuatan.
1.2 Rumusan Masalah
1.
Apa
pengertian pendekatan
pembelajaran
?
2.
Apa fungsi pendekatan pembelajaran ?
3.
Apa saja jenis – jenis pendekatan
pembelajaran ?
4.
Apa saja tipe – tipe
dalam pendekatan pembelajaran ?
1.3 Tujuan
1.
Untuk mendefinisikan pengertian metode pembelajaran.
2.
Untuk menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi metode pembelajaran.
3.
Untuk mendefinisikan jenis atau macam-macam pendekatan
pembelajaran.
4.
Menjelaskan tipe-tipe
dari pendekatan pembelajaran.
1.4 Manfaat
Manfaat dari penyusunan makalah ini adalah semoga dapat
menginspirasi para pembaca untuk memahami lebih mendalam dan mengaplikasikan
secara baik hal – hal yang bekaitan dengan pendekatan pembelajaran.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Pengertian Pendekatan
Pembelajaran
Istilah
pendekatan berasal dari bahasa Inggris approach yang salah satu artinya adalah
“Pendekatan”. Dalam pengajaran, approach diartikan sebagai a way of beginning
something ‘cara memulai sesuatu’. Karena itu, pengertian pendekatan dapat diartikan
cara memulai pembelajaran. Dan lebih luas lagi, pendekatan berarti seperangkat
asumsi mengenai cara belajar-mengajar. Pendekatan merupakan titik awal dalam
memandang sesuatu, suatu filsafat, atau keyakinan yang kadang kala sulit
membuktikannya. Pendekatan ini bersifat aksiomatis. Aksiomatis artinya bahwa
kebenaran teori yang digunakan tidak dipersoalkan lagi.
Pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut
pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang
terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi,
menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan
teorItis tertentu.
Interaksi
dalam pembelajaran adalah bagaimana Cara guru dapat meningkatkan motivasi belajar dari siswa.
Hal ini berkaitan dengan strategi apa yang dipakai oleh guru, bagaimana guru
melakukan pendekatan terhadap siswanya. Dalam sebuah pembelajaran yang baik
guru berperan sebagai pembimbing dan fasilitator. Dalam peranannya sebagai
pembimbing, guru berusaha menghidupkan dan memberikan motivasi agar terjadi
proses interaksi yang kondusif. Guru sebagai fasilitator, guru berusaha
memberikan fasilitas yang baik melalui pendekatan-pendekatan yang dilakukan.
Proses
interaksi pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar pada siswa ialah
bagaimana Cara guru melakukan pendekatan yang sesuai dengan karakter
pembelajaran.
Dapat
juga diartikan bahwa Pendekatan (approach) adalah
Cara yang ditempuh guru
dalam pelaksanaan agar konsep yang disajikan bisa beradaptasi dengan sisiwa.
Pendekatan pembelajaran dapat diartikan juga sebagai titik tolak atau sudut
pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang
terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi,
menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan
teoretis tertentu.
Dilihat
dari pendekatannya, pembelajaran terdapat dua jenis pendekatan, yaitu:
- Pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach), dimana pada pendekatan jenis ini guru melakukan pendekatan dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran, dan
- Pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru (teacher centered approach), dimana pada pendekatan jenis ini guru menjadi subjek utama dalam proses pembelajaran.
2.2
Fungsi
Pendekatan Pembelajaran
Fungsi pendekatan bagi suatu pembelajaran adalah :
1. Sebagai pedoman umum dalam menyusun langkah-langkah
metode pembelajaran yang akan digunakan.
2. Memberikan garis-garis rujukan untuk perancangan pembelajaran.
3. Menilai hasil-hasil pembelajaran yang telah dicapai.
5. Menilai hasil penelitian dan pengembangan yang telah
dilaksanakan.
2.3 Jenis – Jenis
Pendekatan Pembelajaran
1. Pendekatan Individual
Pendekatan
individual merupakan pendekatan langsung dilakukan guru terhadap anak didiknya
untuk memecahkan kasus anak didiknya tersebut. Pendekatan individual mempunyai
arti yang sangat penting bagi kepentingan pengajaran. Pengelolaan kelas sangat
memerlukan pendekatan individual ini. Pemilihan metode tidak bisa begitu saja
mengabaikan kegunaan pendekatan individual, sehingga guru dalam melaksanakan
tugasnya selalu saja melakukan pendekatan individual terhadap anak didik di
kelas. Persoalan kesulitan belajar anak lebih mudah dipecahkan dengan
menggunakan pendekatan individual, walaupun suatu saat pendekatan kelompok
diperlukan.
Pembelajaran
individual merupakan salah satu Cara guru untuk membantu siswa membelajarkan siswa,
membantu merencanakan kegiatan belajar siswa sesuai dengan kemampuan dan daya
dukung yang dimiliki siswa. Pendekatan individual akan melibatkan hubungan yang
terbuka antara guru dan siswa, yang bertujuan untuk menimbulkan perasaan bebas
dalam belajar sehingga terjadi hubungan yang harmonis antara guru dengan siswa
dalam belajar. Untuk mencapai hal itu, guru harus melakukan hal berikut ini:
a. Mendengarkan
secara simpati dan menanggapi secara positif pikiran anak didik dan membuat
hubungan saling percaya.
b. Membantu
anak didik dengan pendekatn verbal dan non-verbal.
c. Membantu
anak didik tanpa harus mendominasi atau mengambil alih tugas.
d. Menerima
perasaan anak didik sebagaimana adanya atau menerima perbedaannya dengan penuh
perhatian.
e. Menanggani
anak didik dengan memberi rasa aman, penuh pengertian, bantuan, dan mungkin
memberi beberapa alternatif pemecahan.
Ciri-ciri pendekatan individual :
a. Guru
melakukan pendekatan secara pribadi kepada setiap siswa di kelas dan memberikan
kesempatan kepada anak didik sebagai individu untuk akatif, kreatif, dan
mandiri dalam belajar.
b. Guru
harus peka melihat perbedaan sifat-sifat dari semua anak didik secara
individual.
c. Guru
lebih berperan sebagai fasilitator dan pembimbing di kelas. Para peserta didik
dapat lebih terkontrol mengenai, bagaimana dan apa yang mereka pelajari.
d. Guru
harus mampu mennyajikan pelajaran yang menarik di depan kelas. Menarik dalam
pengertian mengasyikkan, mudah ditangkap dan dipahami serta tidak membosankan
siswa. Pengajaran individual dilakukan untuk membantu siswa dalam menuntaskan
belajar mereka.
Oleh
karena itu, pendekatan individual dapat mengefektifkan proses belajar mengajar,
interaksi guru dan siswa berjalan dengan baik, dan terjadinya hubungan pribadi
yang menyenangkan antara siswa dan guru. Secara tidak langsung hal yang disebut
diatas merupakan keuntungan dari pengajaran dengan pendekatan individual.
Keuntungan dari pengajaran pendekatan individual yaitu:
a. Memungkin
siswa yang lama dapat maju menurut kemampuannya masing-masing secara penuh dan
tepat.
b. Mencegah
terjadinya ilusi dalam kemajuan tetapi bersifat nyata melalui diskusi kelompok.
c. Mengarahkan
perhatian siswa terhadap hasil belajar perorangan.
d. Memusatkan
pengajaran terhadap mata ajaran dan pertumbuhan yang bersifat mendidik, bukan
kepada tuntutan-tuntutan guru.
e. Memberi
peluang siswa untuk maju secara optimal dan mengembangkan kemampuan yang
dimilikinya.
f. Latihan-latihan
tidak diperlukan bagi anak yang cerdas, karena dapat menimbulkan kebiasaan dan
merasa puas dengan hasil belajar yang ada.
g. Menumbuhkan
hubungan pribadi yang menyenangkan siswa dan guru.M
h. emberi
kesempatan bagi para siswa yang pandai untuk melatih inisiatif berbuat yang
lebih baik.
i. Mengurangi
hambatan dan mencegah eliminasi terhadap para siwa yang tergolong lamban.
Sedangkan
kelemahan pembelajaran pendekatan individual sebagai berikut dapat dilihat
secara umum dan khusus. Kelemahan secara umum:
a. Proses
pembelajaran relative memakan banyak waktu sesuai dengan jumlah bahan yang
dihadapi dan jumlah peserta didik.
b. Motivasi
siswa mungkin sulit dipertahankan karena perbedaan-perbedaan individual yang
dimiliki oleh peserta didik sehingga dapat membuat beberapa siswa rendah
diri/minder dalam pembelajaran.
c. Adanya
penggunaan pasangan guru dan siswa dalam manajemen kelas regular secara
perorangan, sehingga terjadi kemungkinan sebagaian peserta didik tidak dapat
dikelola dengan baik.
d. Guru-guru
yang sudah terbiasa dengan Cara-cara lama akan mengalami hambatan untuk
menyelenggarakan pendekatan ini karena menuntut kesabaran dan penguasaan materi
secara lebih luas dan menyeluruh.
2. Pendekatan Kelompok
Pendekatan
kelompok adalah sebuah pendekatan yang didasarkan pada pandangan, bahwa pada
setiap peserta didik terdapat perbedaan-perbedaan dan persamaan-persamaan
antara satu dan lainnya. perbedaan yang peserta didik yang satu dengan yang
lainnya ini, bukanlah untuk dipertentangkan atau dipisahkan, melainkan harus
diintegrasikan. Seorang peserta didik yang cerdas misalnya, dapat disatukan
dengan peserta didik yang kurang cerdas, sehingga peserta didik yang kurang
cerdas itu dapat ditolong oleh peserta didik yang cerdas. Demikian pula,
persamaan yang dimiliki antara peserta didik yang satu dengan peserta didik
yang lainnya dapat disinergikan sehingga dapat saling menunjang secara optimal.
Selain
itu, pendekatan kelompok ini juga didasarkan pada asumsi, bahwa setiap anak
didik memiliki kecenderungan untuk berteman dan berkelompok dalam rangka
memperoleh pengalaman hidup dan bersosialisasi dalam memenuhi kebutuhan
hidupnya. Dengan pendekatan kelompok ini, diharapkan dapat ditumbuhkan rasa
sosial yang tinggi pada setiap peserta didik, dan sekaligus untuk mengendalikan
rasa egoism yang ada dalam diri mereka masing-masing, sehingga terbina sikap
kesetiakawanan sosial di dalam kelas.
Dengan
pendekatan kelompok ini, mereka diharapkan memiliki kesadaran bahwa hidup ini
ternyata hidup ini saling membutuhkan dan saling tergantung antara satu dengan
yang lainnya. tidak ada makhluk hidup yang terus menerus dapat mencukupi
dirinya tanpa bantuan orang lain.
Sehubungan
dengan penggunaan pendekatan kelompok sebagaimana tersebut di atas, terdapat
sejumlah factor yang perlu dipertimbangkan, seperti factor tujuan, peralatan
dan sumber belajar, metode yang akan dipergunakan, lingkungan tempat belajar,
serta keadaan peserta didik itu sendiri. Dengan demikian, penggunaan pendekatan
kelompok ini tidak dapat dilakukan secara sembrono atau tanpa perhitungan yang
matang.
3. Pendekatan Campuran
Pada bagian terdahulu telah dikemukakan, bahwa seorang
anak didik di samping memiliki latar belakang perbedaan secara individual, juga
memiliki persamaan sebagai makhluk yang berkelompok. Dengan demikian,
setiappeserta didik sesungguhnya dapat didekati secara individual dan kelompok.
Pada bagian terdahulu juga sudah dikemukakan, bahwa pada pendekatan individual
dan kelompok masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.
Keadaan sebagaimana tersebut di atas, member petunjuk
tentang kemungkinan dapat dilakukan pendekatan yang ketiga, yaitu pendekatan
campuran, yaitu sebuah pendekatan yang bertumpu pada upaya menyinergikan
keunggulan yang terdapat pada pendekatan individual dan keunggulan yang
terdapat pada pendekatan kelompok. Namun dalam praktiknya, pendekatan campuran
ini akan jauh lebih banyak masalahnya dibandingkan dengan dua pendekatan
sebagaimana tersebut di atas. Ketika guru dihadapkan kepada permasalahan
peserta didik yang bermasalah, maka guru akan berhadapan dengan permaslahan
peserta didikyang bervariasi. Setiap masalah yang dihadapi peserta didik tidak
selalu sama, terkadang ada perbedaan.
Uraian
tersebut di atas telah menjelaskan, bahwa setiap peserta didik memiliki
motivasi yang berbeda-beda dalam belajar. Dari satu sisi terdapat peserta didik
yang memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar, namun pada sisi lain terdapat
peserta didik yang motivsi belajarnya sedang-sedang saja, atau rendah. Keadaan
ini selanjutnya menimbulkan keadaan peserta didik yang satu bergairah dalam
dalam belajar, sedangkan peserta didik yang lainnya biasa-biasa saja, bahkan
tidak bergairah sama sekali, dan tidak mau ikut belajar. Ia malah asyik
bersenda gurau, bermain-main, atau melakukan pekerjaan yang tidak ada
hubungannya dengan kegiatan belajar. Mereka duduk dan berbicara,
berbincang-bincang satu sama lain tentang hal-hal yang terlepas dari masalah
pelajaran.
4. Pendekatan Edukatif
Apapun yang guru lakukan dalam pendidikan dan
pengajaran dengan tujuan untuk mendidik, bukan karena motif-motif1ain, seperti
dendam, gengsi, ingin ditakuti, dan sebagainya.Anak didik yang telah melakukan
kesalahan, yakni membuat keributan di kelas ketika guru sedang memberikan
pelajaran, misalnya, tidak tepat diberikan sanksi hukum dengan cara memukul
badannya hingga luka atau cidera. Ini adalah tindakan sanksi hukum yang tidak
bernilai pendidikan. Guru telah melakukan pendekatan yang salah. Guru telah
menggunakan teori power, yakni teori kekuasaan untuk menundukkan orang lain.
Dalam pendidikan, guru akan kurang arif dan bijaksana bila menggunakan
kekuasaan, karena hal itu bisa merugikan pertumbuhan dan perkembangan
kepribadian anak didik. Pendekatan yang benar bagi guru adalah dengan melakukan
pendekatan edukatif. Setiap tindakan, sikap, dan perbuatan yang guru lakukan
harus bernilai pendidikan, dengan tujuan untuk mendidik anak didik agar
menghargai norma hukum, norma susila, norma moral, noram sosial, dan norma
agama.
Cukup banyak sikap dan perbuatan yang harus guru
lakukan untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan kepada anak didik. Salah satu
contohnya, misalnya, ketika lonceng tanda masuk kelas telah berbunyi, anak-anak
jangan dibiarkan masuk dulu, tetapi suruhlah mereka bebaris di depan pintu
masuk dan perintahkanlah ketua kelas untuk mengatur barisan. Semua anak
perempuan berbaris dalam kelompok jenisnya. Demikian juga semua anak laki-laki,
berbaris dalam kelompok sejenisnya. Jadi, barisan dibentuk menjadi dua dengan
pandangan terarah ke pintu masuk. Di sisi pintu masuk guru berdiri sambi!
mengontrol bagaimana anak-anak berbaris di depan pintu masuk kelas. Semua anak
dipersilakan masuk oleh ketua kelas. Mereka pun satu per satu masuk kelas,
mereka satu per satu menyalami guru dan mencium tangan guru sebelum dilepas.
Akhirnya, semua anak masuk dan pelajaran pun dimulai.
Contoh di atas menggambarkan pendekatan edukatif yang
telah dilakukan oleh guru dengan menyuruh anak didik berbaris di depan pintu
masuk kelas. Guru telah meletakkan tujuan untuk membina watak anak didik dengan
pendidikan akhlak yang mulia. Guru telah membimbing anak didik, bagaimana cara
memimpin kawan-kawannya dan anak-anak lainnya, membina bagaimana cara
menghargai orang lain dengan cara mematuhi semua perintahnya yang bernilai
kebaikan. Betapa baiknya jika semua sekolah (TK, SD atau SLTP) melakukan hal yang
demikian itu. Mungkin kewibawaan guru yang dirasakan mulai memudar sekarang ini
dapat dimunculkan kembali dan tetap melekat pada pribadi guru. Sekaranglah
saatnya mengedepankan pendidikan kepribadian kepada anak didik dan jangan hanya
pendidikan intelektual serta keterampilan semata, karena akan menyebabkan anak
tumbuh sebagai seorang intelektual atau ilmuwan yang berpribadi kering.
Guru yang hanya mengajar di kelas, belum dapat
menjamin terbentuknya kepribadian anak didik yang berakhlak mulia. Demikian
juga halnya dengan guru yang mengambil jarak dengan anak didik. Kerawanan
hubungan guru dengan anak didik disebabkan komunikasi antara guru dengan anak
didik kurang berjalan harmonis. Kerawanan hubungan ini menjadi kendala bagi
guru untuk melakukan pendekatan edukatif kepada anak didik yang bermasalah.
Guru yang jarang bergaul dengan anak didik dan tidak
mau tahu dengan masalah yang dirasakan anak didik, membuat anak didik apatis
dan tertutup atas apa yang dirasakannya. Sikap guru yang demikian kurang dibenarkan
dalam pendidikan, karena menyebabkan anak didik menjadi orang yang introver
(tertutup).
Kasuistis yang terjadi di sekolah biasanya tidak hanya
satu, tetapi bermacam-macam jenis dan tingkat kesukarannya. Hal ini menghendaki
pendekatan yang tepat. Berbagai kasus yang terjadi, selain ada yang dapat
didekati dengan pendekatan individual,adajuga yang dapat didekati dengan
pendekatan kelompok, dan ada pula yang dapat didekati dengan pendekatan
bervariasi. Namun yang penting untuk diingat adalah bahwa pendekatan individual
harus berdampingan dengan pendekatan edukatif; pendekatan kelompok harus
berdampingan dengan pendekatan edukatif, dan pendekatan bervariasi harus
berdampingan dengan pendekatan edukatif. Dengan demikian, semua pendekatan yang
dilakukan guru harus bemilai edukatif, dengan tujuan untuk mendidik.
5. Pendekatan Keagamaan
Pendidikan dan pelajaran di sekolah tidak hanya
memberikan satu atau dua macam mata pelajaran, tetapi terdiri dari banyak mata
pelajaran. Semua mata pelajaran itu pada umumnya dapat dibagi menjadi mala
pe/ajaran umum dan mala pelajaran agama Berbagai pendekatan dalam pembahasan
terdahulu dapat digunakan untuk keduajenis mata pelajaran ini. Tentu saja
penggunaannya tidak sembarangan, tetapi harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran
yang dicapai. Dalam praktiknya tidak hanya digunakan satu, tetapi bisa juga
penggabungan dua atau lebih pendekatan.
Khususnya untuk mata pelajaran umum, sangat
berkepentingan dengan pendekatan keagamaan. Hal lni dimaksudkan agar nilai
budaya ilmu itu tidak sekuler, tetapi menyatu dengan nilai agama. Dengan
penerapan prinsip-prinsip mengajar seperti prinsip korelasi dan sosialisasi,
guru dapat menyisipkan pesan-pesan keagamaan untuk semua mata pelajaran umum.
Tentu saja guru harus menguasai ajaran-ajaran agama yang sesuai dengan mata
pelajaran yang dipegang. Mata pelajaran biologi, misalnya, bukan terpisah dari
masalah agama, tetapi ada hubungannya. Cukup banyak dalil agama yang membahas
masalah biologi. Persoalannya sekarang terletak, mau atau tidaknya guru mata
pelajaran tersebut mencari dan menggali dalil-dalil dimaksud dan menafsirkannya
guna mendukung penggunaan pendekatan keagamaan dalam pendidikan dan pengajaran.
Surah Yaasiin, ayat 34, dan ayat 36, adalah bukti nyata bahwa pelajaran biologi
tidak bisa dipisahkan dari ajaran agama. Surah Yaasiin ayat 37, 38,39, dan 40
adalah dalil-dalil nyata pendukung pendekatan keagamaan dalam mata pelajaran
fisika.
Akhirnya, pendekatan agama dapat membantu guru untuk
memperkecil kerdilnya jiwa agama di dalam diri siswa, yang pada akhirnya
nilai-nilai agama tidak dicemoohkan dan dilecehkan, tetapi diya kini,
dipahami, dihayati, dan diamalkan selama hayat siswa di kandung badan.
6. Pendekatan Kebermaknaan
Bahasa adalah alat untuk menyampaikan dan memahami gagasan
pikiran, pendapat, dan perasaan, secara lisan maupun tulisan. Bahasa Inggris
adalah bahasa asing pertama di Indonesia yang dianggap penting untuk tujuan
penyerapan dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan
pembinaan hubungan dengan bangsa-bangsa lain di dunia.
Dalam rangka penguasaan bahasa Ingrris tidak bisa
mengabaikan masalah pendekatan yang harus digunakan dalam proses belajar
mengajar. Kegagalan penguasaan bahasa Inggris oleh siswa, salah satu sebabnya
adalah kurang tepatnya pendekatan yang digunakan oleh guru selain faktor lain
seperti faktor sejarah, fasilitas, dan lingkungan serta kompetensi guru itu
sendiri. Kegagalan pengajaran tersebut tentu saja tidak boleh dibiarkan begitu
saja, karena akan menjadi masalah bagi siswa dalam setiap jenjang pendidikan
yang dimasukinya. Karenanya perlu dipecahkan. Salah satu alternatif ke arah
pemecahan masalah tersebut diajukanlah pendekatan baru, yaitu pendekatan
kebermaknaan. Beberapa konsep penting yang menyadari pendekatan ini diuraikan
sebagai berikut:
a) Bahasa merupakan alat untuk mengungkapkan makna yang
diwujudkan malalui struktur (tata bahasa dan kosa kata). Dengan demikian,
struktur berperan sebagai alat pengungkapan makna (gagasan, pikiran, pendapat,
dan perasaan).
b) Makna ditentukan oleh lingkup kebahasaan maupun
lingkup situasi yang merupakan konsep dasar dalam pendekatan kebermaknaan
pengajaran bahasa yang natural, didukung oleh pemahaman lintas budaya.
c) Makna dapat diwujudkan melalui kalimat yang berbeda,
baik secara lisan maupun tertulis. Suatu kalimatdapat mempunyai makna yang
berbeda tergantung pada situasi saat kalimat itu digunakan. Jadi keragaman
ujaran diakui keberadaannya dalam bentuk bahasa lisan atau tertulis.
d) Belajar bahasa asing adalah belajar berkomunikasi
melalui bahasa tersebut, sebagai bahasa sasaran, baik secara lisan maupun
tertulis. Belajar berkomunikasi ini perlu didukung oleh pembelajaran unsur
unsur bahasa sasaran.
e) Motivasi belajar siswa merupakan faktor utama yang
menentukan keberhasilan belajamya. Kadar motivasi ini banyak ditentukan oleh
kadar kebermaknaan bahan pelajaran dan kegiatan pembelajaran memiliki siswa
yang bersangkutan. Dengan kata lain, kebermaknaan bahan pelajaran dan kegiatan
pembelajaran memiliki peranan yang amat penting dalam keberhasilan belajar siswa.
f) Bahan pelajaran dan kegiatan pembelajaran menjadi
lebih bermakna bagi siswajika berhubungan dengan pengalaman, minat, tata nilai,
dan masa depannya. Karena itu, pengalaman siswa dalam lingkungan, minat, tata nilai,
dan masa depannya harus dijadikan pertimbangan dalam pengambilan keputusan
pengajaran dan pembelajaran untuk membuat pelajaran lebih bermakna bagi siswa.
g) Dalam proses belajar-mengajar, siswa merupakan subjek
utama, tidak hanya sebagai objek belaka. Karena itu, ciri-ciri dan kebutuhan
mereka harus dipertimbangkan dalam segala keputusan yang terkait dengan
pengajaran.
h) Dalam proses belajar-mengajar guru berperan sebagai
fasilitatoryang membantu siswa mengembangkan keterampilan berbahasanya.
2.4
Tipe – Tipe Pendekatan
Pembelajaran
Pendekatan
Kontekstual
Pendekatan
Kontekstual merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara
materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa
membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam
kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat (US Departement of
Education, 2001). Dalam konteks ini siswa perlu mengerti apa makna belajar,
manfaatnya, dalam status apa mereka dan bagaimana mencapainya. Dengan ini siswa
akan menyadari bahwa apa yang mereka pelajari berguna sebagai hidupnya nanti.
Sehingga, akan membuat mereka memposisikan sebagai diri sendiri yang memerlukan
suatu bekal yang bermanfaat untuk hidupnya nanti dan siswa akan berusaha untuk
menggapinya.
Pendekatan
konstektual merupakan pendekatan yang membantu guru mengaitkan antara materi
yang diajarkanya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat
hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan
mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Pendekatan
kontekstual sendiri dilakukan dengan melibatkan komponen komponen pembelajaran
yang efektif yaitu konstruktivisme, bertanya, menemukan, masyarakat belajar,
pemodelan, refleksi, penilaian sebenarnya.
Dalam
pengajaran kontekstual memungkinkan terjadinya lima bentuk belajar yang
penting, yaitu :
- Mengaitkan. adalah strategi yang paling hebat dan merupakan inti konstruktivisme. Guru menggunakan strategi ini ketika ia mengkaitkan konsep baru dengan sesuatu yang sudah dikenal siswa. Jadi dengan demikian, mengaitkan apa yang sudah diketahui siswa dengan informasi baru.
- Mengalami. merupakan inti belajar kontekstual dimana mengaitkan berarti menghubungkan informasi baru dengan pengelaman maupun pengetahui sebelumnya. Belajar dapat terjadi lebih cepat ketika siswa dapat memanipulasi peralatan dan bahan serta melakukan bentuk-bentuk penelitian yang aktif.
- Menerapkan. Siswa menerapkan suatu konsep ketika ia malakukan kegiatan pemecahan masalah. Guru dapat memotivasi siswa dengan memberikam latihan yang realistic dan relevan.
- Kerjasama. Siswa yang bekerja secara individu sering tidak membantu kemajuan yang signifikan. Sebaliknya, siswa yang bekerja secara kelompok sering dapat mengatasi masalah yang komplek dengan sedikit bantuan. Pengalaman kerjasama tidak hanya membantu siswa mempelajari bahan ajar, tetapi konsisten dengan dunia nyata.
- Mentransfer. Peran guru membuat bermacam-macam pengalaman belajar dengan fokus pada pemahaman bukan hapalan
Hal-hal
Yang Perlu Diperhatikan dalam Pendekatan Kontekstual
Hal-hal
yang diperlukan untuk mencapai sejumlah hasil yang diharapkan dalam penerapan
pendekatan kontekstual adalah sebagai berikut :
- Guru yang berwawasan. Maksudnya yaitu guru yang berwawasan dalam penerapan dan pendekatan.
- Materi dalam pembelajaran.Dalam hal ini guru harus bisa mencari materi pembelajaran yang dijiwai oleh konteks perlu disusun agar bermakna bagi siswa.
- Strategi metode dan teknik belajar dan mengajar. Dalam hal ini adalah bagaimana seorang guru membuat siswa bersemangat belajar, yang lebih konkret, yang menggunakan realitas, lebih aktual, nyata/riil, dsb.
- Media pendidikan.Media yang digunakan dapat berupa situasi alamiah, benda nyata, alat peraga, film nyata yang mana perlu dipilih dan dirancang agar sesuai dan belajar lebih bermakna.
- Fasilitas.Media pendukung pembelajaran kontekstual seperti peralatan dan perlengkapan, laboratorium, tempat praktek, dan tempat untuk melakukan pelatihan perlu disediakan.
- Proses belajar dan mengajar. Hal ini ditujukan oleh perilaku guru dan siswa yang bernuansa pembelajaran kontekstual yang merupakan inti dari pembelajaran kontekstual.
- Kancah pembelajaran. Hal ini perlu dipilih sesuai dengan hasil yang diinginkan.
- Penilaian. Penilaian/evaluasi otentik perlu diupayakan karena pada pembelajaran ini menuntut pengukuran prestasi belajar siswa dengan cara- cara yang tepat dan variatif, tidak hanya dengan pensil atau paper test.
- Suasana.Suasana dalam lingkungan pembelajaran kontekstual sangat berpengaruh karena dapat mendekatkan situasi kehidupan sekolah dengan kehidupan nyata di lingkungan siswa.
Karakteristik
Pembelajaran CTL
- Kerjasama.
- Saling menunjang.
- Menyenangkan, tidak membosankan.
- Belajar dengan bergairah.
- Pembelajaran terintegrasi.
- Menggunakan berbagai sumber.
- Siswa aktif.
- Sharing dengan teman.
- Siswa kritis guru kreatif.
- Dinding dan lorong-lorong penuh dengan hasil kerja siswa, peta-peta, gambar, artikel, humor dan lain-lain.
- Laporan kepada orang tua bukan hanya rapor tetapi hasil karya siswa, laporan hasil pratikum, karangan siswa dan lain-lain
Tahapan-tahapan
Pelaksanaan Pembelajaran Kontekstual
Tahapan
pelaksanaan pembelajaran kontekstual antara lain :
- Mengkaji materi pelajaran yang akan diajarkan.
- Mengkaji konteks kehidupan siswa sehari-hari.
- Memilih materi pelajaran yang dapat dikaitkan dengan kehidupan siswa.
- Menyusun persiapan proses KBM yang telah memasukkan konteks dengan materi pelajaran.
- Melaksanakan proses belajar mengajar kontekstual.
- Melakukan penilaian otentik terhadap apa yang telah dipelajari siswa.
Kelebihan
pendekatan Kontekstual
- Pembelajaran menjadi lebih bermakna dan riil. Artinya siswa dituntut untuk dapat menangkap hubungan antara pengalaman belajar di sekolah dengan kehidupan nyata. Hal ini sangat penting, sebab dengan dapat mengorelasikan materi yang ditemukan dengan kehidupan nyata, bukan saja bagi siswa materi itu akan berfungsi secara fungsional, akan tetapi materi yang dipelajarinya akan tertanam erat dalam memori siswa, sihingga tidak akan mudah dilupakan.
- Pembelajaran lebih produktif dan mampu menumbuhkan penguatan konsep kepada siswa karena metode pembelajaran CTL menganut aliran konstruktivisme, dimana seorang siswa dituntun untuk menemukan pengetahuannya sendiri. Melalui landasan filosofis konstruktivisme siswa diharapkan belajar melalui ”mengalami” bukan ”menghafal”.
Kelemahan Pendekatan Kontekstual
- Guru lebih intensif dalam membimbing. Karena dalam metode CTL. Guru tidak lagi berperan sebagai pusat informasi. Tugas guru adalah mengelola kelas sebagai sebuah tim yang bekerja bersama untuk menemukan pengetahuan dan ketrampilan yang baru bagi siswa. Siswa dipandang sebagai individu yang sedang berkembang. Kemampuan belajar seseorang akan dipengaruhi oleh tingkat perkembangan dan keluasan pengalaman yang dimilikinya. Dengan demikian, peran guru bukanlah sebagai instruktur atau ” penguasa ” yang memaksa kehendak melainkan guru adalah pembimbing siswa agar mereka dapat belajar sesuai dengan tahap perkembangannya.
- Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan atau menerapkan sendiri ide–ide dan mengajak siswa agar dengan menyadari dan dengan sadar menggunakan strategi–strategi mereka sendiri untuk belajar. Namun dalam konteks ini tentunya guru memerlukan perhatian dan bimbingan yang ekstra terhadap siswa agar tujuan pembelajaran sesuai dengan apa yang diterapkan semula.
2. Pendekatan Kontruktivisme
Pendekatan
konstruktivisme merupakan pendekatan dalam pembelajaran yang lebih menekankan
pada tingkat kreatifitas siswa dalam menyalurkan ide-ide baru yang dapat
diperlukan bagi pengembangan diri siswa yang didasarkan pada pengetahuan.
Pada
dasarnya pendekatan konstruktivisme sangat penting dalam peningkatan dan
pengembangan pengetahuan yang dimiliki oleh siswa berupa keterampilan dasar
yang dapat diperlukan dalam pengembangan diri siswa baik dalam lingkungan
sekolah maupun dalam lingkungan masyarakat.
Dalam
pendekatan konstruktivisme ini peran guru hanya sebagai pembibimbing dan
pengajar dalam kegiatan pembelajaran. Oleh
karena itu, guru lebih mengutamakan keaktifan siswa dan memberikan kesempatan
kepada siswa untuk menyalurkan ide-ide baru yang sesuai dengan materi yang
disajikan unutk meningkatkan kemampuan siswa secara pribadi.Jadi pendekatan
konstruktivisme merupakan pembelajaran yang lebih mengutamakan pengalaman
langsung dan keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran.
Secara umum yang disebut
konstruktivisme menekankan kontribusi seseorang pembelajar dalam memberikan
arti, serta belajar sesuatu melalui aktivitas individu dan sosial. Tidak ada
satupun teori belajar tentang konstruktivisme, namun terdapat beberapa
pendekatan konstruktivis, misalnya pendekatan yang khusus dalam pendidikan
matematik dan sains. Beberapa pemikir konstruktivis seperti Vigotsky menekankan
berbagi dan konstruksi sosial dalam pembentukan pengetahuan (konstruktivisme
sosial); sedangkan yang lain seperti Piaget melihat konstruksi individu lah
yang utama (konstruktivisme individu).
Konstrukstivisme
Individu
Para psikolog konstruktivis yang
tertarik dengan pengetahuan individu, kepercayaan, konsep diri atau identitas
adalah mereka yang biasa disebut konstruktivis individual. Riset mereka
berusaha mengungkap sisi dalam psikologi manusia dan bagaimana seseorang
membentuk struktur emosional atau kognitif dan strateginya.
Konstrukstivisme
Sosial
Berbeda
dengan Piaget, Vygotsky percaya bahwa pengetahuan dibentuk secara sosial, yaitu
terhadap apa yang masing-masing partisipan kontribusikan dan buat secara
bersama-sama. Sehingga perkembangan pengetahuan yang dihasilkan akan
berbeda-beda dalam konteks budaya yang berbeda. Interaksi sosial, alat-alat
budaya, dan aktivitasnya membentuk perkembangan dan kemampuan belajar
individual.
Ciri-ciri pendekatan konstruktivisme
Ciri-ciri pendekatan konstruktivisme
- Dengan adanya pendekatan konstruktivisme, pengembangan pengetahuan bagi peserta didik dapat dilakukan oleh siswa itu sendiri melalui kegiatan penelitian atau pengamatan langsung sehingga siswa dapat menyalurkan ide-ide baru sesuai dengan pengalaman dengan menemukan fakta yang sesuai dengan kajian teori.
- Antara pengetahuan-pengetahuan yang ada harus ada keterkaitan dengan pengalaman yang ada dalam diri siswa.
- Setiap siswa mempunyai peranan penting dalam menentukan apa yang mereka pelajari.
Peran
guru hanya sebagai pembimbing dengan menyediakan materi atau konsep apa yang
akan dipelajari serta memberikan peluang kepada siswa untuk menganalisis sesuai
dengan materi yang dipelajari
Prinsip
Pendekatan konstruktivisme
Pembelajaran
dengan menggunakan pendekatan Konstruktivime akan mengaktifkan siswa secara
aktif sehingga pembelajaran yang didapat oleh siswa lebih didasarkan pada
proses pencapaian pengetahuan itu bukan pada hasilnya.
Prinsip
konstruktivisme telah banyak digunakan dalam pembelajaran. Menurut Suparno
(1999:73) ada beberapa prinsip dari konstruktivisme antara lain:
- Pengetahuan dibangun oleh siswa secara aktif .
- Tekanan dalam pembelajaran terletak pada siswa.
- Mengajar adalah membantu siswa belajar.
- Tekanan dalam pembelajaran lebih pada proses bukan pada akhir .
- Kurikulum menekankan pada partisipasi siswa.
- Guru adalah fasilitator.
Sedangkan
menurut Brooks & Brooks (dalam Subana, 2001:47)”prinsip konstruktivisme
yaitu:
- Ajukan masalah yang relevan dengan siswa,
- Struktur pembelajaran pada konsep-konsep eensial,
- Usahakan menemukan dan menilai pandangan siswa,
- Adaptasikan kurikulum, dan
- Ukur belajar siswa dalam konteks belajar.
Berdasarkan pendapat di atas
dapat disimpulkan bahwa prinsip pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme
antara lain siswa aktif mencari tahu dengan membentuk pengetahuan baru
sedangkan guru hanya sebagai fasilitator dalam mengkonstruksikan pengetahuan
tersebut sebagaimana tuntunan kurikulum.
Karakteristik
Pembelajaran Konstruktivisme
Adapun
karakteristik pendekatan konstruktivisme menurut Driver (dalam Paul, 1996:69)
bahwa karakteristik pembelajaran konstruktivisme adalah:
- Orientasi ialah siswa diberi kesempatan untuk mengembangkan motivasi dalam mempelajari suatu topik
- Elicitasi ialah membantu siswa untuk mengungkapkan idenya secara jelas
- Retrukturisasi ide terdiri dari klarifikasi ide, membangun ide yang baru, mengevaluasi ide baru dengan eksperimen
- Penggunaan ide dalam banyak situasi
- Review adalah bagaimana ide itu berubah.
Sedangkan
menurut Smorgansbord (1997:54)) menyatakan beberapa karakteristik tentang
konstruktivisme yaitu :
- Pengetahuan dibangun berdasarkan pengalaman atau pengetahuan yang telah ada sebelumnya
- Belajar merupakan penafsiran personal tentang dunia
- Belajar merupakan proses yang aktif dimana makna dikembangkan berdasarkan pengalaman
- Pengetahuan tumbuh karena adanya perundingan makna melalui berbagai informasi atau menyepakati suatu pandangan dalam berinteraksi
- Belajar harus disituasikan dalam kehidupan yang nyata.
Langkah Pelaksanaan
Pendekatan Konstruktivisme
Langkah
pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme, menurut Nurhadi (2003:39) bahwa
penerapan konstruktivisme muncul dengan lima langkah pembelajaran yaitu sebagai
berikut:
- Pengaktifan pengetahuan yang sudah ada
Pengetahuan awal yang
sudah dimiliki peserta didik akan menjadi dasar awal untuk mempelajari
informasi baru. Langkah ini dapat dilakukan dengan cara pemberian pertanyaan
terhadap materi yang akan dibahas.
- Pemerolehan pengetahuan baru
Pemerolehan
pengetahuan perlu dilakukan secara keseluruhan tidak dalam paket yang
terpisah-pisah.
- Pemahaman pengetahuan
Siswa perlu
menyelidiki dan menguji semua hal yang memungkinkan dari pengetahuan baru
siswa.
d. Menerapkan pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh
Siswa memerlukan
waktu untuk memperluas dan memperhalus stuktur pengetahuannya dengan cara
memecahkan masalah yang di temui.
- Melakukan refleksi.
Pengetahuan
harus sepenuhnya dipahami dan diterapkan secara luas, maka pengetahuan itu harus
dikontekstualkan dan hal ini memerlukan refleksi.
Sedangkan menurut Kunandar (2007:307) langkah-langkah
pembelajaran konstruktivisme antara lain :
- carilah dan gunakanlah pertanyaan dan gagasan siswa untuk menuntun pelajaran dan keseluruhan unit pembelajaran
- Biarkan siswa mengemukakan gagasan-gagasan mereka dulu
- Kembangkan kepemimpinan, kerja sama, pencarian informasi, dan aktivitas siswa sebagai hasil dalam proses belajar
- Gunakan pemikiran, pengalaman, dan minat siswa untuk mengarahkan proses pembelajaran
- Kembangkan penggunakan alternatif sumber informasi baik dalam bentuk bahan tertulis maupun bahan-bahan para pakar.
- Usahakan agar siswa mengemukakan sebab-sebab terjadinya suatu peristiwa
- Carilah gagasan-gagasan siswa sebelum guru menyajikan pendapatnya.
- Buatlah agar siswa tertantang dengan konsepi dan gagasan-gagasan mereka sendiri
- Sediakan waktu cukup untuk berefleksi dan menganalisis menghormati gagasan siswa
- Doronglah siswa untuk melakukan analisis sendiri, mengumpulkan bukti nyata untuk mendukung gagasannya sesuai dengan pengetahuan baru yang dipelajarinya
- Gunakanlah masalah yang diidentifikasikan oleh siswa sesuai dengan minantya dan dampak yang akan ditimbulkannya
- Gunakan sumber-sumber lokal sebagai sumber informasi asli yang digunakan dalam pemecahan masalah.
- Libatkan siswa dalam mencari pemecahan masalah yang ada dalan kenyataan.
- Perluas belajar seputar jam pelajaran, ruangan kelas, dan lingkungan sekolah.
- Pusatkan perhatian pada dampak sains pada setiap individu siswa
- Tekankan kesadaran karir terutama yang berhubungan dengan sains dan teknologi”.
Kelebihan
Pendekatan Konstruktivisme
Dalam
penerapannya, pendekatan konstruktivisme memiliki kelebihan dan kekurangan.
Menurut Ella (2004:55) menjelaskan bahwa pendekatan konstruktivisme membantu
siswa menguasai tiga hal , yaitu:
- Siswa diajak memahami dan menafsirkan kenyataan dan pengalamannya yang berbeda.
- Siswa lebih mampu mengatasi masalah dalam kehidupan nyata.
- Pemahaman konstruktivisme, yaitu membangun dan mengetahui bagaimana menggunakan pengetahuan dan keahlian dalam situasi kehidupan nyata.
Dari
uraian di atas dapat disimpulkan bahwa pendekatan konstruktivisme memiliki
berbagai kelebihan antara lain:
- Dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme siswa akan aktif dalam pembelajaran
- Menjadikan proses pembelajaran tersebut menyenangkan dan lebih bermakna bagi siswa
- Siswa membangun sendiri pengetahuannya maka siswa tidak mudah lupa dengan pengetahuannya
- Suasana dalam proses pembelajaran menyenangkan karena menggunakan realitas kehidupan sehingga siswa tidak cepat bosan belajar
- Siswa merasa dihargai dan semakin terbuka, karena setiap jawaban siswa ada penilaiannya
- Memupuk kerjasama dalam kelompok.
Dengan adanya kelebihan pada
pendekatan konstruktivisme ini maka siswa di harapkan dapat menyelesaikan
masalah dengan berbagai cara, jadi peserta didik akan terlatih untuk dapat
menerapkannya dengan situasi yang berbeda atau baru.
Kekurangan
Pendekatan Konstruktivisme
Selain
memiliki kelebihan pendekatan konstruktivisme juga memiliki kekurangan. Namun
kekurangan ini dapat kita atasi seperti:
- Siswa masih kesulitan dalam menemukan sendiri jawabannya
- Membutuhkan waktu yang lama terutama bagi siswa yang lemah
- Siswa yang pandai kadang-kadang tidak sabar dalam menanti temannya yang belum selesai.
Dari
uraian tadi dapat disimpulkan kelemahan pendekatan konstruktivisme dapat
ditolerir, maka guru hendaknya dapat membimbing siswa agar dapat menemukan
jawabannya, kemudian guru menambah waktu belajar bagi siswa yang lemah dalam
proses pembelajaran, serta memberikan nasehat agar menghargai teman dalam
belajar Sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
3. Pendekatan Deduktif
Pembelajaran dengan pendekatan deduktif terkadang
sering disebut pembelajaran tradisional yaitu guru memulai
dengan teori-teori dan meningkat ke penerapan teori. Dalam bidang ilmu sains dijumpai upaya mencoba
pembelajaran dan topik baru yang menyajikan kerangka pengetahuan, menyajikan
teori-teori dan rumus dengan sedikit memperhatikan pengetahuan utama siswa, dan
kurang atau tidak mengkaitkan dengan pengalaman mereka. Pembelajaran dengan
pendekatan deduktif menekankan pada guru mentransfer informasi atau pengetahuan.
Menurut Setyosari (2010:7) menyatakan bahwa “Berpikir
deduktif merupakan proses berfikir yang didasarkan pada pernyataan-pernyataan
yang bersifat umum ke hal-hal yang bersifat khusus dengan menggunakan logika
tertentu.”
Hal serupa dijelaskan oleh Sagala (2010:76) yang
menyatakan bahwa: Pendekatan deduktif adalah proses penalaran yang bermula dari
keadaaan umum ke keadaan yang khusus
sebagai pendekatan pengajaran yang bermula dengan menyajikan aturan, prinsip
umum diikuti dengan contoh-contoh khusus atau penerapan aturan, prinsip umum
itu kedalam keadaan khusus.
Sedangkan menurut Yamin (2008:89) menyatakan bahwa
“Pendekatan deduktif merupakan pemberian penjelasan tentang prinsip-prinsip isi
pelajaran, kemudian dijelaskan dalam bentuk penerapannya atau contoh-contohnya
dalam situasi tertentu.”
Dalam pendekatan deduktif menjelaskan hal yang
berbentuk teoritis kebentuk realitas atau menjelaskan hal-hal yang bersifat
umum ke yang bersifat khusus. Disini guru menjelaskan teori-teori yang telah
ditemukan para ahli, kemudian menjabarkan kenyataan yang terjadi atau mengambil
contoh-contoh.
Dari penjelasan beberapa teori
dapat diambil kesimpulan bahwa pendekatan deduktif adalah cara berfikir dari
hal yang bersifat umum ke hal-hal yang bersifat khusus.
Penggunaan
Pendekatan Deduktif
Menurut Yamin (2008:89) pendekatan deduktif dapat
dipergunakan bila:
- Siswa belum mengenal pengetahuan yang sedang dipelajari,
- Isi pelajaran meliputi terminologi, teknis dan bidang yang kurang membutuhkan proses berfikir kritis,
- Pengajaran mengenai pelajaran tersebut mempunyai persiapan yang baik dan pembicaraan yang baik,
- Waktu yang tersedia sedikit.
Langkah-langkah
Pendekatan Deduktif
Menurut Sagala (2010:76) langkah-langkah yang dapat
digunakan dalam pendekatan deduktif dalam pembelajaran adalah
- Guru memilih konsep, prinsip, aturan yang akan disajikan dengan pendekatan deduktif,
- Guru menyajikan aturan, prinsip yang berifat umum, lengkap dengan definisi dan contoh-contohnya,
- Guru menyajikan contoh-contoh khusus agar siswa dapat menyusun hubungan antara keadaan khusus dengan aturan prinsip umum,
- Guru menyajikan bukti-bukti untuk menunjang atau menolak kesimpulan bahwa keadaan khusus itu merupakan gambaran dari keadaan umum.
Kelebihan Pendekatan
Deduktif
Adapun kelebihan dari pendekatan deduktif dibandingkan
dengan pendekatan lain adalah :
- Tidak memerlukan banyak waktu.
- Sifat dan rumus yang diperoleh dapat langsung diaplikasikan kedalam soal-soal atau masalah yang konkrit.
Kelemahan
Pendekatan Deduktif
Kelemahan pendekatan deduktif antara lain:
- Siswa sering mengalami kesulitan memahami makna matematika dalam pembelajaran. Hal ini disebabkan siswa baru bisa memahami konsep setelah disajikan berbagai contoh.
- Siswa sulit memahami pembelajaran matematika yang diberikan karna siswa menerima konsep matematika yang secara langsung diberikan oleh guru.
- Siswa cenderung bosan dengan pembelajaran dengan pendekatan deduktif, karna disini siswa langsung menerima konsep matematika dari guru tanpa ada kesempatan menemukan sendiri konsep tersebut.
- Konsep tidak bisa diingat dengan baik oleh siswa.
4.Pendekatan Induktif
Berbeda dengan pendekatan deduktif yang menyimpulkan
permasalahan dari hal-hal yang bersifat umum, maka pendekatan induktif
(inductif approach) menyimpulkan permasalahan dari hal-hal yang bersifat
khusus.. Metode induktif sering digambarkan sebagai pengambilan kesimpulan dari
sesuatu yang khusus ke sesuatu yang umum.
Pendekatan induktif menekanan pada pengamatan dahulu,
lalu menarik kesimpulan berdasarkan pengamatan tersebut. Metode ini sering
disebut sebagai sebuah pendekatan pengambilan kesimpulan dari khusus menjadi
umum. Pendekatan induktif merupakan proses penalaran yang bermula dari keadaan
khusus menuju keadaan umum.
Sedangkan menurut Yamin (2008:89) menyatakan bahwa:
Pendekatan induktif dimulai dengan pemberian kasus, fakta, contoh, atau sebab
yang mencerminkan suatu konsep atau prinsip. Kemudian siswa dibimbing untuk
berusaha keras mensintesiskan, menemukan, atau menyimpulkan prinsip dasar dari
pelajaran tersebut.
Mengajar dengan pendekatan induktif adalah cara
mengajar dengan cara penyajian kepada siswa dari suatu contoh yang spesifik
untuk kemudian dapat disimpulkan menjadi suatu aturan prinsip atau fakta yang
pasti.
Dari beberapa pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa
pendekatan induktif adalah pendekatan pengajaran yang berawal dengan menyajikan
sejumlah keadaan khusus kemudian dapat disimpulkan menjadi suatu kesimpulan,
prinsip atau aturan.
Penggunaan
Pendekatan Induktif
Menurut Yamin (2008:90) pendekatan induktif tepat
digunakan manakala:
- Siswa telah mengenal atau telah mempunyai pengalaman yang berhubungan dengan mata pelajaran tersebut,
- Yang diajarkan berupa keterampilan komunikasi antara pribadi, sikap, pemecahan, dan pengambilan keputusan,
- Pengajar mempunyai keterampilan fleksibel, terampil mengajukan pertanyaan terampil mengulang pertanyaan, dan sabar,
- Waktu yang tersedia cukup panjang.
Langkah-langkah Pembelajaran Pendekatan Induktif
Menurut Sagala (2010:77) langkah-langkah yang harus
ditempuh dalam model pembelajaran dengan pendekatan induktif yaitu:
- Memilih dan mementukan bagian dari pengetahuan (konsep, aturan umum, prinsip dan sebagainya) sebagai pokok bahasan yang akan diajarkan.
- Menyajikan contoh-contoh spesifik dari konsep, prinsip atau aturan umum itu sehingga memungkinkan siswa menyusun hipotesis (jawaban sementara) yang bersifat umum.
- Kemudian bukti-bukti disajikan dalam bentuk contoh tambahan dengan tujuan membenarkan atau menyangkal hipotesis yang dibuat siswa.
- Kemudian disusun pernyataan tentang kesimpulan misalnya berupa aturan umum yang telah terbukti berdasarkan langkah-langkah tersebut, baik dilakukan oleh guru atau oleh siswa.
Kelebihan Pendekatan Induktif
Adapun kelebihan dari pendekatan induktif dibandingkan
dengan pendekatan antara lain adalah :
- Memberikan kesempatan pada siswa untuk berusaha sendiri atau menemukan sendiri suatu konsep sehingga akan diingat dengan lebih baik.
- Murid memahami sifat atau rumus melalui serangkaian contoh. Kalau terjadi keraguan mengenai pengertian dapat segera diatasi sejak masih awal.
- Dapat meningkatkan semangat belajar siswa.
Kelemahan Pendekatan Induktif
Kelemahan dari
pendekatan induktif antara lain :
- Memerlukan banyak waktu.
- Kadang-kadang hanya sebagian siswa yang terlibat secara aktif.
- Sifat dan rumus yang diperoleh masih memerlukan latihan atau aplikasi untuk memahaminya.
- Secara matematik (formal) sifat atau rumus yang diperoleh dengan pendekatan induktif masih belum menjamin berlaku umum.
5. Pendekatan Konsep
Pendekatan
konsep adalah pendekatan yang mengarahkan peserta didik meguasai konsep secara
benar dengan tujuan agar tidak terjadi kesalahan konsep (miskonsepsi). Konsep
merupakan struktur mental yang diperoleh dari pengamatan dan pengalaman.
Pendekatan
Konsep merupakan suatu pendekatan pengajaran yang secara langsung menyajikan
konsep tanpa memberi kesempatan kepada siswa untuk menghayati bagaimana konsep
itu diperoleh.
Ciri-ciri suatu konsep adalah
- Konsep memiliki gejala-gejala tertentu
- Konsep diperoleh melalui pengamatan dan pengalaman langsung
- Konsep berbeda dalam isi dan luasnya (pemberian kasus, fakta, contoh, atau sebab yang mencerminkan)
- Konsep yang diperoleh berguna untuk menafsirkan pengalaman-pengalaman
- Konsep yang benar membentuk pengertian
- Setiap konsep berbeda dengan melihat ciri-ciri tertentu
Kondisi-kondisi
yang dipertimbangkan dalam kegiatan belajar mengajar dengan pendekatan konsep
adalah:
- Menanti kesiapan belajar, kematangan berpikir sesuai dengan unsur lingkungan.
- Mengetengahkan konsep dasar dengan persepsi yang benar yang mudah dimengerti.
- Memperkenalkan konsep yang spesifik dari pengalaman yang spesifik pula sampai konsep yang kompleks.
- Penjelasan perlahan-lahan dari yang konkret sampai ke yang abstrak.
Langkah-langkah mengajar dengan pendekatan konsep
Langkah-langkah
mengajar dengan pendekatan konsep melalui 3 tahap yaitu,
- Tahap Enaktik
Tahap enaktik dimulai dari:
- Pengenalan benda konkret.
- Menghubungkan dengan pengalaman lama atau berupa pengalaman baru.
- Pengamatan, penafsiran tentang benda baru.
- Tahap Simbolik
Tahap simbolik
siperkenalkan dengan: Simbol, lambang, kode, seperti angka, huruf. kode,
seperti (?=,/) dll. Membandingkan antara contoh dan non-contoh untuk menangkap
apakah siswa cukup mengerti akan ciri-cirinya. Memberi nama, dan istilah serta
defenisi.
- Tahap Ikonik
Tahap ini adalah
tahap penguasaan konsep secara abstrak, seperti: Menyebut nama, istilah,
definisi, apakah siswa sudah mampu mengatakannya.
6.Pendekatan
Proses
Pendekatan
proses merupakan pendekatan pengajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa
untuk menghayati proses penemuan atau penyusunan suatu konsep sebagai suatu
keterampilan proses.
Pendekatan
proses adalah pendekatan yang berorientasi pada proses bukan hasil. Pada
pendekatan ini peserta didik diharapkan benar-benar menguasai proses.
Pendekatan ini penting untuk melatih daya pikir atau mengembangkan kemampuan
berpikir dan melatih psikomotor peserta didik. Dalam pendekatan proses peserta
didik juga harus dapat mengilustrasikan atau memodelkan dan bahkan melakukan
percobaan. Evaluasi pembelajaran yang dinilai adalah proses yang mencakup
kebenaran cara kerja, ketelitian, keakuratan, keuletan dalam bekerja dan
sebagainya.
Kelebihan Pendekatan Proses
Keunggulan/Kelebihan
pendekatan proses adalah :
- Memberi bekal cara memperoleh pengetahuan, hal yang sangat penting untuk pengembangan pengetahuan dan masa depan.
- Pendahuluan proses bersifat kreatif, siswa aktif, dapat meningkatkan keterampilan berfikir dan cara memperoleh pengetahuan.
Kelemahan Pendekatan Proses
Kelemahan pendekatan
proses adalah :
- Memerlukan banyak waktu sehingga sulit untuk dapat menyelesaikan pengajaran yang ditetapkan dalam kurikulum.
- Memerlukan fasilitas yang cukup baik dan lengkap sehingga tidak semua sekolah dapat menyediakannya.
- Merumuskan masalah, menyusun hipotesis, merancangkan suatu percobaan untuk memperoleh data yang relevan adalah pekerjaan yang sulit, tidak semua siswa mampu melaksanakannya.
7. Pendekatan
Open - Ended
Menurut
Suherman dkk (2003; 123) problem yang diformulasikan memiliki multijawaban yang
benar disebut problem tak lengkap atau disebut juga Open-Ended problem atau
soal terbuka. Siswa yang dihadapkan dengan Open-Ended problem, tujuan utamanya bukan untuk mendapatkan
jawaban tetapi lebih menekankan pada cara bagaimana sampai pada suatu jawaban.
Dengan demikian bukanlah hanya satu pendekatan atau metode dalam mendapatkan
jawaban, namun beberapa atau banyak.
Sifat
“keterbukaan” dari suatu masalah dikatakan hilang apabila hanya ada satu cara
dalam menjawab permasalahan yang diberikan atau hanya ada satu jawaban yang
mungkin untuk masalah tersebut. Contoh penerapan masalah Open-Ended dalam
kegiatan pembelajaran adalah ketika siswa diminta mengembangkan metode, cara
atau pendekatan yang berbeda dalam menjawab permasalahan yang diberikan bukan
berorientasi pada jawaban (hasil) akhir.
Kelebihan
pendekatan Open–Ended.
Dalam
pendekatan open-ended guru memberikan permasalah kepada siswa yang solusinya
tidak perlu ditentukan hanya melalui satu jalan. Guru harus memanfaatkan
keragaman cara atau prosedur yang ditempuh siswa dalam menyelesaikan masalah.
Hal tersebut akan memberikan pengalaman pada siswa dalam menemukan sesuatu yang
baru berdasarkan pengetahuan, keterampilan dan cara berfikir matematik yang
telah diperoleh sebelumnya. Ada beberapa kelebihan dari pendekatan ini, antara
lain:
- Siswa memiliki kesempatan untuk berpartisipasi secara lebih aktif serta memungkinkan untuk mengekspresikan idenya.
- Siswa memiliki kesempatan lebih banyak menerapkan pengetahuan serta keterampilan matematika secara komprehensif.
- Siswa dari kelompok lemah sekalipun tetap memiliki kesempatan untuk mengekspresikan penyelesaian masalah yang diberikan dengan cara mereka sendiri.
- Siswa terdorong untuk membiasakan diri memberikan bukti atas jawaban yang mereka berikan.
- Siswa memiliki banyak pengalaman, baik melalui temuan mereka sendiri maupun dari temannya dalam menjawab permasalahan.
Kelemahan
Pendekatan Open–Ended.
Disamping
kelebihan yang dapat diperoleh dari pendekatan open-ended, terdapat juga
beberapa kelemahan, diantaranya:
- Sulit membuat atau menyajikan situasi masalah matematika yang bermakna bagi siswa.
- Mengemukakan masalah yang langsung dapat dipahamai siswa sangat sulit sehingga banyak siswa yang mengalami kesulitan bagaimana merespon permasalahan yang diberikan.
- Karena jawaban bersifat bebas, siswa dengan kemampuan tinggi bisa merasa ragu atau mencemaskan jawaban mereka.
- Mungkin ada sebagian siswa yang merasa bahwa kegiatan belajar mereka tidak menyenangkan karena kesulitan yang mereka hadapi.
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut
pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang
terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi,
menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan
teorItis tertentu.
Fungsi
dari pendekatan pembelajaran antara lain
1. Sebagai pedoman umum dalam menyusun langkah-langkah
metode pembelajaran yang akan digunakan.
2. Memberikan garis - garis rujukan untuk perancangan pembelajaran.
3. Menilai hasil - hasil pembelajaran yang telah dicapai.
5. Menilai hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilaksanakan.
Jenis –
jenis dari pendekatan pembelajaran, yaitu pendekatan individual, pendekatan
kelompok, pendekatan campuran, pendekatan edukatif, pendekatan keagamaan, dan
pendekatan kebermaknaan.
Tipe – tipe pendekatan
pembelajaran, yaitu pendekatan kontekstual, pendekatan konstruktivisme,
pendekatan deduktif, pendekatan induktif, pendekatan konsep, pendekatan proses,
dan pendekatan open - ended
3.2 Kritik dan Saran
Kami menyadari bawasannya
penyusun dari makalah ini hanyalah manusia yang tidak luput dari kesalahan dan
kekurangan, sedangkan kesempurnaan hanya milik Allah Swt hingga dalam penulisan
dan penyusunannya masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena
itu, kritik dan saran yang konstruktif akan senantiasa penyusun nanti dalam
upaya evaluasi diri.
Akhirnya kami hanya bisa berharap,
bahwa dibalik ketidaksempurnaan penulisan dan penyusunan makalah ini adalah
ditemukan sesuatu yang dapat memberikan manfaat atau bahkan hikmah bagi
penyusun, pembaca, dan bagi semua mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.
DAFTAR PUSTAKA
Suhaimi, Afrial.2011. Pendekatan Pembelajaran.
November 2015).
Nor, Muhammad.2015.Makalah dalam
Pendekatan Pembelajaran.
(http:// Blog Muhammad Nor.html diakses 23 November 2015).
Nina, Sakina.2014.Macam –
Macam Pendekatan Pembelajaran
Tasbillah,
Muhammad.2013.Makalah Pendekatan Pembelajaran.
Auranet,
Priyono.2015.Pendekatan dalam Pembelajaran Bahasa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar